Cinta Indonesia

Search Article :

Loading

11 Agu 2011

Home » » The Macz Man

The Macz Man



Jangan pernah ragukan kesetiaan The Macz Man. Setiap kali PSM Makassar bertarung, di situ pula The Macz Man hadir. Loyalitas dan totalias komunitas suporter ini pada tim kesayangan mereka memang tak perlu lagi diragukan. Bukan hanya pada laga kandang, tapi setiap kali PSM Makassar melangkahkan kaki ke luar kandang, The Macz Man berusaha tetap mendampingi.
Saat ini, The Macz Man memiliki sekitar 7000 anggota. Suporter sehidup sematinya PSM Makassar ini dipimpin oleh Ocha Alim. “The Macz Man ingin menghapus citra negatif yang selama ini melekat erat dengan suporter sepakbola. Kami memberikan dukungan pada PSM dengan cara-cara damai,” kata Ocha.
Sebagai kelompok suporter yang kreatif, The Macz Man tentu tak hanya berdiam diri saat tim kesayangan mereka berjuang di lapangan. Nyanyian, yel-yel pembangkit semangat, dan teriakan-teriakan selalu keluar dari mulut anggota The Macz Man. Semua demi memompa semangat pemain PSM Makassar.
Usia The Macz Man masih tergolong muda, yakni 4 tahun. Meski belia, tapi andil The Macz Man cukup besar bagi dunia suporter di Sulawesi Selatan. The Macz Man acap dimintai tolong oleh kelompok suporter lain dalam hal pembelajaran kreatifitas. Kelompok suporter yang kerap meminta saran pada The Macz Man adalah pendukung tim-tim yang baru muncul ke Divisi I, semisal Persigo Gorontalo, Persipare Parepare, Gaspa Palopo, dan Persim Maros.
Kelompok-kelompok suporter itu meminta The Macz Man untuk datang ke markas mereka dan memberi contoh soal kreatifitas. “Kami memberi contoh dan mengarahkan mereka agar memiliki gerakan dan bentuk-bentuk dukungan yang bercirikan daerah mereka masing-masing,” lanjut Ocha.
Aktifitas The Macz Man tak melulu di dunia sepakbola. Kelompok suporter yang identik dengan warna merah ini juga kerap terlibat dengan aktivitas sosial lainnya, seperti donor darah. The Macz Man juga terlibat dalam beberapa festival musik di Makassar dan Sulawesi Selatan.



Related Post



0 komentar:

Posting Komentar